Kamis, 28 Agustus 2014

SUT RINA!

Namanya Rina Rahmawati. Sekarang lagi rajin-rajinnya jadi anak kelas 3 SMA. Jadi, sejak dia naik kelas 3 gue mulai jarang kontak dia kalau enggak bener-bener perlu curhat banget. Anaknya asik, nyenengin, pokoknya gak beda-beda jauh sama Aini temen gue SMA. Yang pasti setiap gue curhat dia pasti bales curhatan gue.
Hari ini 28 Agustus 2014, ini anak ulang tahun. Gue awalnya nggak ngerti dapet ilham dari mana buat iseng ngado dia. Secara gue udah kenal dia selama lebih kurang 4 tahun. Rasanya gak etis aja temenan tapi gak pernah ikut ngerayain moment bahagianya.
Sebelumnya gue ceritain dulu, kenapa gue bisa kenal Rina...
  Rina. Dulu gue suka banget sama ajang pencarian bakat di salah satu televisi dan gue ngidolain salah satu dari anak yang ikut audisi. Sampek pada suatu saat si Ozy (yang gue idolain) punya rencana main ke jogja. Excited banget waktu dengernya dan buru-buru nabung biar bisa ikut sejenis MnG kecil-kecilan. Nah, dari sini gue kenal Rina. Ngajakin Rina buat ikut. Gue agak lupa. Intinya gue kenal Rina karena ada MnG Ozy ini walaupun pada akhirnya si Rina enggak ikut.
  Next, Gue enggak deket sama Rina beberapa bulan sampek ada kumpul Rise (Nama fans Rio-Icil). Rina ikut acara ini kalau nggak salah inget. Tapi gue enggak. Gue enggak terlalu tertarik ikut acara kumpul kayak gitu. Lagipula gue masih SMP. Masih dianter ortu kalok kemana-mana.
  Gue lupa juga kenapa jadi bisa sedeket ini sama Rina. Padahal sampek detik ini gue nulis, GUE BELUM PERNAH SEKALIPUN KETEMU SAMA RINA.  Tapi kita udah kayak temen yang tiap hari ketemu. Enggak tau deng, Rina ngerasa kayak gitu enggak..tapi, gue ngerasa-nya gitu. Ditambah Rina yang selalu manggil gue dengan sebutan ‘Emak’ (Please, jangan tanyakan “siapa babenya?ayahnya?”), gue juga nggak ngerti kenapa dia panggil gue gitu padahal setelah gue tau dia lahiran 96 (Gue tau dari temennya dia namanya Dian.) gue agak kaget, ternyata Rina tua juga. HAAHAAA! Bahkan sampek pertama kalinya gue nelpon Rina, Rina juga manggiln gue emak. Sumpah, gue tiba-tiba berasa beneran punya anak.
  Oke, balik lagi ke atas..
Ide buat ngado Rina ini muncul pas bulan puasa kalok nggak salah. Bingung awalnya mau kasih apa. Akhirnya, karena gue lagi demen banget nggambar gue dan juga karena habis liat salah satu kado dari penggemarnya kak Oka (@daraprayoga_) jadilah gue bikin.....

Niatnya Cuma mau sehari jadi terus udah tinggal cari kado apa yang cocok. Tapi emang nafsu ngebo itu lebih besar dan mikir lagi karena masih bulan juli. Masih ada waktu sebulan, jadilah itu gambar terbengkalai. Cukup lama.
Akhirnya, waktu lebaran gue beli kado buat Rina. Sesuatu yang yaampun aku nggak  ngerti harus bilang itu kado atau apa, gue aja liatnya ngerasa miris Cuma bisa kasih itu. Kenapa harus lebaran? Karena pas lebaran baru bisa punya duit.
  Tapi H min berapa gue sms Adit (Temennya Rina), buat nanya kira-kira Rina lagi pengen apa ya. Terus ya dia mbantu gue. Enggak tau mbantu beneran apa Cuma ngira-ngira. Tapi yang pasti dia juga ngasih tau gue apa yang dipingin Rina. Gue udah mikir mau ngasih tambahan kado lagi, tapi kok..Ada sesuatu yang membuat aku kurang sreg untuk beli kado kedua itu.
Akhirnya gue tgl 26 Agustus sms Rina. Minta alamat rumah beserta kode pos. Buat apa? Ya buat ngirim ini kado. Jadi, selain lewat sms sama socmed aku juga ngirim lewat pos. Gue mbohongin Rina, gue bilang bakal kirim cerpen lagi ke dia. Pakek acara bilang mau bayar listrik di kantor pos. (Gak bakat bohong).
 Tapi gue nggak kirim hari itu, itu gue aja baru cetak foto sama belum selesai ngewarnai. Belum selesai. Gue malah nongkrong sendirian di Cha-cha sambil mikir bakal ditambahin apalagi ini kado.

27 Agustus 2014 . Nah gue baru ngirim ke kantor pos. Setelah searching di google kantor pos buka jam berapa, gue langsung berangkat ke kantor pos. Kayak biasa, kantor pos yang ada deket RSCC ini sepi. Terus gue taruh itu amplop coklat di timbangan dan mbayar jasa pos. Dan selesei.
Tapi keluar dari kantor pos gue ngerasa ngelakuin kesalahan . Gue lupa tanya kapan si amplop sampek kerumahnya Rina. Seinget gue, dulu dikasih tau sama pihak pos kapan surat sampek tapi ini tadi enggak. Agak panik, takutny hari itu juga sampek. Bodo banget!

28 Agustus 2014. Gue sengaja nggak ngucapin ultah lewat sms, lewat socmed. Pokoknya gue pengennya amplop itu nyampek ditangan Rina, sebagai ucapan ulangtahun. Sampek Rina ngetweet “Digebyuri”-pun gue berusaha enggak peduli diantara kepanikan. Sial! Suratnya enggak sampek ya ini, batin gue. Galau. Mau sms nanya “Ada pos?” Rasanya kayak gimana gitu. Tapi kalok ternyata gak sampek, pos ku kmana? :( 
15:38 Aaaak makasih kirimannya emaaak! Suka suka! Ibukku juga suka bgt wk. Amin amin wishnya. Pokoke makasih bgt. Love youuu! ({})
Sumpah deh, waktu baca sms itu rasanya lega banget. Suratku sampek di hari yang tepat. Lalu aku menjelaskan bahwa aku selama ini bohong. Aku gak lagi nulis cerpen apa-apa. Pokoknya aku jelasin semuanya.

Huff..
  Ini masih 28 Agustus kan?
Selamat ulang tahun Rina, anakku sayang yang enggak tau aku harus bilang anak dari mana. Semoga dengan bertambahnya umurmu, kamu bisa jadi anak yang bisa banggain ortumu, keluargamu, temen-temenmu. Bisa jadi Rina yang always strong meski diterpa mulut-mulut orang yang sama sekali enggak ngenakin hati. Dan yang pasti bisa jadi Rina yang apa adanya seperti selama ini dalam kesederhanaan doa dan kasi sayang orang orang terdekat.
Sekali lagi, selamat ulang tahun, panjang umur sehat selalu. Lulus Un+Lolos PTN 2015.
Love! <3



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sewindu Bersama Bayang Semu

kan pernah aku bilang, jangan menunggu terlalu lama kan pernah aku bilang, jangan menjaga kepastian yang hampa kan pernah aku bilang, jang...